Target Menkes, Pemberian Vaksin Covid-19 Selesai Juni

Pemberian vaksin covid-19 masih terus berlangsung. Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya telah menargetkan proses pemberian vaksin tahap II kepada warga usia lanjut dan pemberi layanan publik akan selesai sepenuhnya pada Bulan Juni 2021 mendatang. Saat ini , ada 38 juta sasaran program vaksin dan berharap bisa langsung memenuhi target mulai Bulan Maret yang akan datang. Dibutuhkan 76 juta dosis vaksin untuk menyelesaikan program vaksin untuk masyarakat lanjut usia dan pekerja di bidang pelayanan publik.

Pasokan Terbatas, Vaksin Covid-19 Diberikan Bertahap

Pemberian vaksin ditargetkan pada akhir Bulan Juni karena mempertimbangkan pasokan vaksin yang dimiliki oleh pemerintah. Pihak Kementrian kesehatan menyebutkan bahwa pasokan vaksin dari produsen untuk pemerintah tidak cukup sehingga harus dilakukan secara bertahap. Budi Gunadi mengatakan bahwa pemerintah mendapatkan vaksin secara bertahap maka pemberian kepada target masyarakat pun dilakukan secara bertahap sesuai dengan mekanisme dan tata kelola dari kementrian kesehatan selama ini.

Masalah suplai yang tidak mungkin bisa diselesaikan, maka pemberian vaksin covid-19 pun bisa dilakukan secara bertahap. Saat ini seluruh dunia membutuhkan vaksin untuk bisa memberikan penjagaan dan menekan angka kematian akibat virus corona. Maka tak heran jika seluruh dunia seakan akan berebut vaksin tersebut. Bahkan negara negara tetangga pun belum mendapatkan jatah, sedangkan Australia dan Jepang akan melakukan vaksin di bulan Maret ini. Sedangkan kita sudah sampai pada tahap kedua.

Kelompok target yang akan diberikan vaksin tahap II ini adalah mereka yang merupakan kelompok lanjut usia dan masyarakat yang bekerja di pelayanan publik. Dari 38 juta warga target, ada 21 juta yang merupakan kalangan lanjut usia. Kelompok inilah yang menjadi prioritas utama untuk pemberian vaksin tahap kedua. Kelompok lanjut usia merupakan kelompok yang amat riskan dan memiliki resiko tertinggi kematiannya akibat covid-19. Dengan adanya pemberian vaksin maka angka kematian itu akan mampu ditekan dan mampu menciptakan kekebalan kelompok.

Kemensos Minta Semua Pihak Beri Dukungan

Pemberian vaksin covid-19 bukan tanpa masalah. Karena ada beberapa kalangan yang menolak vaksin ini dan menganggap bahwa virus corona adalah virus yang diciptakan. Karenanya, menteri sosial meminta kepada semua pihak untuk membantu edukasi dan memberikan dukungan kepada masyarakat terkati vaksin ini. Terutama kepada masyarakat lanjut usia sehingga bersedia untuk mendapatkan vaksin. Dengan dukungan sosial ini berharap bahwa target Bulan Juni akan benar benar bisa diwujudkan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa telah melakukan pendataan para lansia dan mengajak lansia tersebut untuk bersedia menerima vaksin. Karena usah itu, Budi Gunadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada gubernur Jawa Timur slot deposit dana sudah menyumbangkan modal sosial kepada mereka yang masih ragu sehingga mampu menjadi yakin dan bersedia menerima vaksin untuk mengusahakan kekebalan kelompok. Terima kasih kepada gubernur jawa timur karena sudah mengumpulkan masyarakat lansia di Surabaya untuk bisa divaksinasi.

Semoga saja pemimpin di dearah lain bisa melakukan hal yang sama untuk menyukseskan pemberian vaksin covid-19 bagi masyarakat lansia dan bagi pekerja pelayanan publik seperti guru, tenaga kependidikan, dan karyawan lembaga/ perusahaan negara.  Tujuan pemberian vaksin tahap kedua untuk target tersebut dengan harapan mereka bisa secepatnya terlindungi dan mampu melakukan tugasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing masing. Jika sudah terlindungi, maka herd immunity akan segera terwujud.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*